Langsung ke konten utama

Apa itu Cyber Security dan apa dasarnya

Apa itu Cyber Security

Cybersecurity
Cyber Security adalah keamanan teknologi informasi, berfokus pada perlindungan komputer, jaringan, program dan data dari akses, perubahan atau perusakan yang tidak diinginkan atau tidak sah.
Keamanan dunia maya memengaruhi kita semua ketika kita online, menggunakan perangkat seluler atau tablet, atau menggunakan layanan berbasis cloud. Kami semua berinteraksi dengan berbagai alat yang dirancang untuk melindungi informasi pribadi Anda, serupa dengan alat yang digunakan untuk melindungi infrastruktur negara kami. Sangat penting bagi semua orang untuk memahami cyber security dan peran kita dalam aman sambil tetap terhubung untuk meminimalkan kemungkinan insiden.
Cyber Security dapat didefinisikan sebagai: “Aktivitas atau proses, kemampuan atau kemampuan, atau negara tempat sistem informasi dan komunikasi dan informasi yang terkandung di dalamnya dilindungi dari dan / atau dibela terhadap kerusakan, penggunaan atau modifikasi yang tidak sah, atau eksploitasi.”
Cyber Security berfokus untuk melindungi komputer, perangkat seluler, tablet, jaringan, program, dan data dari akses atau manipulasi yang tidak sah. Memahami cyber security adalah langkah pertama untuk melindungi diri Anda, keluarga dan organisasi Anda.

Serangan Cyber Security Meningkat dengan Cepat
Serangan cyber sekarang terjadi di seluruh dunia dengan kecepatan yang semakin cepat. Karena semakin banyak perusahaan dan pemerintah yang mengandalkan internet, hal ini membuat mereka rentan terhadap serangan maya jahat dari kelompok peretas dan negara-negara yang menggunakan peretas untuk menyusup ke negara-negara yang sistem komputernya sensitif.



Ada kebutuhan yang sangat mendesak bagi para profesional keamanan cyber untuk mengisi banyak celah kerah putih yang bermunculan ketika perusahaan berjuang untuk melindungi program mereka dari serangan luar.





Serangan Cyber Terkini
Korban serangan baru-baru ini termasuk merek-merek terkenal seperti

eBay,

Target,

Neiman Marcus,

Michaels Stores,

NATO,

JPMorgan Chase,

Adobe,

Kehidupan Sosial. Daftarnya terus berlanjut.


Ancaman Cyber Adalah Bahaya Nyata
Di dunia di mana ancaman cyber adalah bahaya konstan, perusahaan menemukan diri mereka dalam pertempuran berkelanjutan untuk menjaga data mereka tetap aman. Sejumlah besar risiko kini ada karena para penjahat cyber terus mencari cara baru untuk melanggar batas-batas kita dan mendapatkan informasi vital kita.
Namun, tahukah Anda bahwa 99,9% eksploitasi dimungkinkan karena organisasi tidak menangani kebersihan keamanan dasar? Faktanya adalah bahwa banyak industri fokus pada hal-hal yang salah, sering menggunakan strategi keamanan yang pada dasarnya cacat dan pada akhirnya tidak memberikan perlindungan yang tepat yang mereka butuhkan.

Komentar

Artikel Favorit Minggu ini

Pengertian XSS Beserta Cara Kerja dan Cara Mencegahnya

Dewasa ini perkembangan dalam teknologi pembuatan dan pemanfaatan website semakin canggih dengan banyaknya ide – ide baru yang dikembangkan. Namun mengikuti hal itu istilah cyber crime atau kriminalitas dalam dunia cyber (internet) juga semakin marak. Salah satunya adalah dengan keberadaannya XSS atau Cross Site Scripting. Sebelum menjelaskan pengertiannya pasti para pembaca bertanya – tanya mengapa menggunakan “X” untuk Cross bukannya “C”. Hal ini dikarenakan penggunaan CSS sudah ada untuk Cascade Style Sheet yang juga salah satu bagian dari dunia web programming. Demi menghindari bahaya XSS bagi para developer web atau sebagai referensi tambahan maka artikel ini kami tulis sebagai bahan baca tambahan. Langsung saja ulasan lengkap mengenai p engertian XSS beserta cara kerja dan cara mencegahnya dapat anda simak dibawah ini: Pengertian XSS Sesuai namanya XSS atau yang merupakan singkatan dari Cross Site Scripting merupakan salah satu bentuk gangguan berupa Cod