Langsung ke konten utama

Belajar Pengertian Cyber Bullying

Image result for Cyber Bullying
Pasti anda pernah mendengar kata "Bullying", bukan? Di kalangan anak-anak atau remaja saat ini kerap terjadi Cyber bullying. Mungkin belum banyak orang yang mengetahui apa itu cyber bullying. Cyber bullying adalah segala bentuk kekerasan yang dialami anak atau remaja dan dilakukan teman seusia mereka melalui internet. Cyber bullying yaitu terjadi dimana seorang anak atau remaja diejek, dihina, diintimidasi, atau dipermalukan oleh anak atau remaja lain melalui media internet, teknologi digital atau telepon seluler. Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi pun semakin canggih. Anak-anak dan remaja sekarang sudah mahir menggunakan teknologi dan mengakses internet. Sosial media saat ini sedang digandrungi oleh remaja. Dengan aktif di sosial media seorang anak bisa dinilai 'gaul' oleh anak lainnya. Emosi remaja masih tergolong labil, sehingga kerap mengekspresikan diri dan tidak dapat mengontrol dirinya, sampai bertindak bully terhadap temannya sendiri. Misalnya, menghina atau mempermalukan teman sekolah melalui sosial media. Anak-anak atau remaja yang melakukan cyber bullying terhadap temannya terkadang tidak memikirkan apa dampak buruknya. Orang yang ia ejek tersebut bisa kecewa, sedih, hingga merasa tertekan, dan bisa menarik diri dari lingkungannya karena tidak punya rasa percaya terhadap dirinya sendiri. Hal ini sangat merugikan dan membuat orang lain mendapatkan efek negatif atas perbuatan cyber bullying. Peran orangtua sangatlah penting untuk menjauhkan anak-anak dari perbuatan bully. Bunda dan Ayah perlu mengontrol aktivitas cyber yang dilakukan anak. Orangtua juga perlu mengerti tentang dunia cyber, seperti sosial media. Selain itu, orangtua sangat perlu mengajak bicara anak tentang apa dampak negatifnya dari perbuatan bully. Karena tak ada seorangpun yang rela dirinya menjadi korban bully yang dilakukan teman-teman mereka.
Bentuk - bentuk Cyber Bullying
Image result for Cyber BullyingCyberbullying dapat berbentuk: flaming, harassment (pelecehan), denigration, impersonation (penyamaran), cuting dan trickery, exclusion (pengucilan) dan cyberstalking (Willard, 2007). Flaming adalah percakapan singkat yang memanas antara dua orang atau lebih. Flaming utamanya menggunakan bahasa yang kasar, tidak sopan, vulgar, penghinaan dan kadang-kadang ancaman. Harassment (pelecehan). Harassment adalah pelecehan yang dilakukan secara berulang-ulang untuk mengirim pesan yang menghina individu yang dijadikan sebagai target. Denigration/ pencemaran nama baik adalah pembicaraan tentang target yang membahayakan, berisi tentang kebohongan dan kejam. Outing dan Tricker adalah memposting atau mengirim dan meneruskan komunikasi atau gambar pribadi yang mengandung informasi pribadi yang ditujukan untuk mempermalukan targetnya. Exclusion terkait dengan memfitnah anggota dalam kelompok dan mengusir individu dari suatu kelompok seperti terjadi dalam game online. Cyberstalking adalah pengiriman pesan berbahaya yang dilakukan berulang-ulang, meliputi ancaman yang membahayakan, menakutkan, menyinggung, atau melibatkan pemerasan.
Penyebab terjadinya Cyber Bullying
  • Menurut Kowalski, Limber dan Agatston (2008), terdapat beberapa alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan cyberbullying yaitu:
  • Sebagai wujud pembalasan atas penindasan yang diterima cyberbullies sebelumnya.
  • Untuk mencari kesan yang keren dan tangguh.
  • Dipicu rasa iri kepada orang lain yang akan dijadikan target cyberbullying.
  • Cyberbullies memiliki kepribadian tertentu yang memiliki perasaan senang      untuk menyakiti korbannya.
  • Menganggap cyberbullying sebagai cara untuk menyatakan dominansi dan kekuasaannya. Cyberbullies mendapatkan kepuasan karena cyberbullying dilakukan sebagai cara untuk mengeluarkan agresifantasi ketika Online.

Komentar

Artikel Favorit Minggu ini

Penjelasan Mengenai SQL Injection dan Cara untuk Menghindarinya

SQL injection sampai saat ini masih menjadi salah satu serangan yang banyak dilakukan oleh para hacker. Jenis serangan ini dapat menimbulkan banyak kerugian karena rusaknya database dari sebuah situs web atau pun aplikasi. Hacker menggunakan teknik ini untuk mencuri informasi penting seperti username dan password, merubah database, memasukkan konten berbahaya, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai SQL injection serta cara untuk menghindarinya. Apa itu SQL Injection? SQL injection adalah sebuah teknik hacking untuk mendapatkan akses pada sistem database yang berbasis SQL. SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language yaitu bahasa yang digunakan untuk membuat serta mengolah database. Dalam melakukan teknik SQL injection, para hacker akan memanfaatkan celah keamanan pada web atau aplikasi . Mereka akan memasukkan perintah-perintah SQL ke dalam database mesin server sehingga mereka dapat masuk ke dalam sistem tanpa harus memiliki

Mengenal Apa itu Phishing

Apa itu Phishing? Phishing merupakan suatu upaya untuk pidana dan menipu mendapatkan informasi sensitif, seperti username, password dan rincian kartu kredit, dengan muncul sebagai entitas terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik. bank online eBay, PayPal dan lainnya adalah target umum. Phishing biasanya dilakukan melalui email atau pesan instan dan sering mengarahkan pengguna untuk memasukkan rincian di sebuah website, walaupun kontak telepon juga telah digunakan. Phishing adalah contoh dari teknik rekayasa sosial yang digunakan untuk menipu pengguna. Upaya untuk menangani meningkatnya jumlah melaporkan phishing insiden termasuk legislasi, pelatihan pengguna, kesadaran masyarakat, dan langkah-langkah teknis. upaya phishing terbaru telah menargetkan nasabah bank  da n layanan pembayaran online. Situs jejaring sosial seperti Orkut juga merupakan target phishing. Palsu / palsu e-mail adalah alat yang paling banyak digunakan untuk melakukan serangan phishing. Da